Sabtu, 10 Februari 2018

Bermain dengan energi

Sebelumnya udah baca Selebgram di Tahun 90an dong, ya? Soalnya yang bakal gue tulis itu lanjutan dari postingan tersebut.

Sebagai awalan, gue akan perjelas bahwa alasan pemakaian judul ini akan terjawab di akhir cerita. Jadi, nikmatin dulu isinya, baru ngangguk2 paham belakangan. Okay?

Mulai.

Jadi, karena gue sedari kecil udah terbiasa jalan darat 'keliling' pulau Jawa, akhirnya gue besar jadi anak yang engga bisa diem, aka seneng bet kalo disuruh tamasya. 

"btw emang ada yang ga suka tamasya?" 

Ya ada ajaaaaaaaa..... Masa semua orang harus sama? 

Huvt deh

Menurut gue manfaat 'pernah kesana dan kesini' itu cukup banyak. Misalnya, dengan kita udah pernah kesana kemari, pas kita ditanya orang atau diceritain orang tentang sesuatau dari daerah tersebut, kita bisa respon karena pengetahuan kita sendiri, dan ga perlu google lagi :p Itu misalnyaaa.. Ada juga manfaat lainnya, kayak kita bisa tau "ooh disana orangnya begini.. Beda ya sama disini, orang-orangnya begitu." Jadi kita bisa banyak-banyak maklum sama hal yang ga biasa kita liat setiap harinya.

Kalo yang ga kenal gue tapi pernah baca postingan-postingan gue terdahulu pasti tau bahwa gue lulusan ITS, 

Institut Teknologi Sepuluh Nopember.


SEPULUH
SE-PU-LUH

Bukan Surabaya
Bukan pula Solo
Apalagi Semarang.

Liat tuh udah di highlighted SEPULUH nya!

Dan ini kampus NEGERI. Bukan SWASTA :(((((

Sampe ada yang salah lagi, BANYAK-BANYAK DEH LU BELAJAR PAS JALAN-JALAN JANGAN POTO-POTO DOANG ((ini kenapa jadi emosi)).

Terus barusan gue mau cerita apa? Kok gue lupa :|

Oh iya, itu...

Nah pas jaman S1 ini nih kesempatan gue buat eksplorasi pertama kali. Jujur aja dari masih di dalam rahim sampe SMA, gue tergolong anak rumahan and I am proud of it! I actually pity awgarong kinda-generation. 

"RA FOKUS RA"

Iya gitu, pas gue di Surabaya, gue kan ngekos, dapet temen-temen deket baru yang asalnya (entah gimana ceritanya) kaga ada yang dari Surabaya (dan pulau Jawa). Jadi gue ngerasa sangat bersyukur bnaget sih karena bisa tau cerita unik-unik mereka yang asalnya beda-beda tempat. Temen-temen deket gue itu asalnya dari Bengkulu, Riau, Balikpapan, Padang. Kami bisa ngebecandain soal pemakaian kata yang berbeda makna sampe berjam-jam, misalnya: temen yang dari Riau bilang mobil itu kereta, kayak di Malaysia gitu, atau di Surabaya sana, semua lauk dikata Ikan. Kalo ke warung beli makanan, pasti ditanya 'Ikannya apa? Ikan ayam?'

"Ikan Barakuda ada mbak?

Dan banyak sekali kisah-kisah menarik hasil merantau dan ngekos. Ngekos makes you tangguh! 

Tapi tentu aja, yang namanya satu hal selalu punya dua sisi. Ada juga gaenaknya. Gue sempet beberapa kali ngalamin semacam 'diskriminasi' pas awal-awal kuliahan. Dibilang kalo anak Jakarta pasti belagu, sukanya clubbing (INI TEORI DARI MANA SIH ASTAGAAAA :(((( ) , Ya boro-boro gue clubbing, ke dufan lewat magrib aja gua ditelponin mamak gua sambil disemprot :((((. 

Loki aje ngenes dengernya

Terus adalagi senior ngechat gue lewat FB bilang terang-terangan ga suka sama anak Jakarta KARENA JACK MANIA.

DEMI LANGIT DAN BUMI.

:((((((((((((((((((((((((((((((((((

kalo kata anak warung komplek bilang "Seterahlu..."

Tapi yaudah, yang begitu sekarang bisa jadi cerita, bisa jadi kisah lucu kalo dibagi ke orang-orang, tapi plis gausah di skrinsut terus di aplot ke mak lambe turah, key? Key. 

Dari situ aja gue bisa mengambil kesimpulan, ternyata ya 'kesana-kemari' itu banyak manfaatnya. Bermanfaat karena jadi tau kalo orang ga pernah kemana-mana jadinya kek gimana :)) RESE ABIS. Jadi kalo sekarang banyak yang bilang bahwa jalan-jalan lebih banyak mudharatnya, ya itu tergantung orangnya sih, ga bisa disamain di semua orang. Kalo dia jalan-jalan cuma biar punya bahan instagram, ya mungkiiiin. Kalo dia jalan-jalan biar bisa clubbing karena mamaknya ngelarang dia clubbing, ya mungkiiiin salaaaaaahhhhh, tapi balik lagi ke orangnya, kan? Nah kalo dia jalan-jalan buat nambah wawasan, gue ga yakin sih itu salah..

Kembali ke Surabaya. Setelah lulus dari S1 ternyata gue belum bisa beranjak dari Jawa Timur. Gue sempet 4 bulan di Malang. Seru sih, ngekos lagi, ketemu temen baru lagi yang rata-rata masih pada SMA (dan gue pun dikira SMA juga :p) Ntapsss. Kenal lagi sama orang-orang dari jurusan non perteknikkan, jadi ngerti, "Ooh cara pandang orang kedokteran begini ya.." dan jadi tau kisah sedih dan susah nya mereka. Itu ngebuka wawasan baru, again, thanks to my never ending rantau.

Proses berpindah gue pun masih belum kelar sampe disitu. Gue lanjut studi di Jerman dan sudah dipastikan disana gue makan makanan yang super ga ada rasanya hepi. Belajar jadi minoritas itu asyique. Menantang. Living the life which is against my flow is much challenging. Dan yang paling gue suka adalah gue banyak belajar hal-hal yang sebenernya mendasar dan setiap orang seharusnya begitu, tapi nyatanya di Indonesia masih jarang:
1. Disana harus ekstra mandiri. Bukan karena ga ada yang bakal bantuin lo, bukan. Tapi karena disana semua orang mandiri. Jadi lo akan sungkan jika apa-apa minta tolong orang. Ga ada itu fasilitas ilegal (calo) macam disini. Disini, buat kesana kemari dan pesen makanan ada ojek online, ngurus surat-surat penting bisa pake calo, atau diurusin ajudan dedi.
2. Ketika bertamu, baik diundang maupun inisiatif bertamu, tamu pasti akan nanya "Perlu bawa apa nih kak?" atau "Mau dibawain apa nih kak?" . Jadi, bawa sesuatu itu tujuannya supaya tidak memberatkan tuan rumah untuk nyediain makanan. Pelajaran ini gue dapet dari berkawan sama temen-temen sekelas gue yg internesyenel. Oh dan kalo sesama temen Indo, biasanya pun kami bikin acara masak-masak bareng, ada yg ditugasin masak, ada yg ditugasin nyumbang bahan, ada jg yg ditugasin makan (engga ding, itu sih gue aja yg mengajukan diri). 
3. Disana, seorang ayah nganter anaknya les balet, nungguin sampe kelar itu bukan hal wah. Biasa. Kalo disini, pasti gimanaaaaaaaaaaa gt kan... Dianggap istimewa saking jarangnya.
4. Sampah dipilah dari sumbernya sampe bermacam-macam jenis. Disini, campur aja jadi satu, beres. 
5. Pemandangan alamnya terjaga ahelah cakep banget pokoknya. Ga ada yang rusak ga ada yang kotor kek disini :(((( . Disini, setiap ada wisata terkenal baru, kalo gak rusak, ya kotor :(( sedih banget.
6. Disana gue banyak berpikir, Jerman yang dulunya terkenal sebagai negara bengis nan pembantai, sekarang bisa jadi negara yang super terbuka buat siapa aja. Nerima refugees, ramah buat pemeluk agama apapun, bahkan banyak kebijakan baru yang sangat pro muslim. Jadi gue percaya, suatu saat Indonesia pasti bisa seperti itu.

Menurut gue, hal-hal kayak gitu ga bisa kita dapet dari sekedar baca kata orang, karena itu tadi, setiap hal punya dua sisi dan kita harus liat keduanya supaya ga salah persepsi, termasuk traveling. Dan bagi gue, justru itu esensi utama traveling, supaya kita bisa barter energi dengan oranglain.

Ngerti maksud gue 'barter energi' ga? Liat eyang buyut gue berikut ini:


Jadi gini, energi kan ga bisa dibuat atau dihilangkan, tp bisa bertransformasi. Dan gue percaya setiap insan itu punya energinya masing-masing dan semua pemanfaatannya tergantung dari individu itu sendiri. Apakah dia akan memakai energi nya secara positiv, atau justru negatif, atau dia justru menampun sebanyak-banyaknya tanpa ditransfer ke orang lain yang juga membutuhkan.

Nah melalui traveling, energi itu bisa disalurkan ke banyak hal, baik ke oranglain, maupun ke alam. Kita dapet banyak manfaat dari oranglain, dan disaat yang sama kita bisa memberikan manfaat buat mereka. Dengan cara apa? Banyak hal. Dengan cara menunjukkan sikap baik kita ke mereka, dengan ikut kegiatan mereka, seperti contoh adab bertamu yang ada di Jerman tadi, 'kita bawa sesuatu' buat mereka.

Seperti itu sih makna traveling buat gue..

Jadi begitulah sekilas energi positiv dan negativ nya jalan-jalan. Kalo dapet positif, balikin lagi positiv, kalo dapet negatif, kita transform energinya jadi positiv. Yang kedua emang sulit sih, tapi setelah beberapa kali ngalamin, lama-lama jadi terbiasa :D

Berikutnya gue akan bercerita tentang hal yang lebih seru. Tunggu ya! Ngumpulin ide dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar