Rabu, 01 Oktober 2014

Tujuh Jam Saja

Bicara tentang travel terjauh gue, gue minta maaf kalau isinya nanti mungkin anti klimaks yaa..

Perjalanan terjauh yang pernah gue tempuh adalah ke Amsterdam, Belanda. Ngapain? Transit. Titik.

Gue menempuh perjalanan dengan pesawat terbang selama 15 jam non-stop dari Jakarta ke Amsterdam, YANG UDAH MELINTASI JERMAN, untuk transit.

Dimulai dari penerbangan gue dari Jakarta, pesawat tinggal landas sekitar jam 1 pagi tanggal 15 September 2014. *terus keinget lagi deh menit-menit terakhir dipeluk bokap nyokap gue* Gue nurut pesen bokap gue untuk merubah waktu di jam tangan gue sesuai waktu Jerman, sesampainya gue duduk di bangku pesawat.. *sumpah ini kenapa jadi gue mau nangis* Dengan berat hati gue putar jarum panjang di jam tangan pemberian nyokap gue *nah kan, jadi makin mellow*, dan berdoa supaya perjalanan gue baik-baik aja dan gue bisa tidur.

Niat hati awalnya gue mau minum antimo begitu gue di pesawat, tp sebelom berangkat, ipar gue bilang suruh tahan ngantuk dan mending nonton film dulu sampe 2 judul abis. Nah pas udah jalan, gue lupa obat gue ada di tas, dan tas gue gue taro di bagasi kabin................ mau ngambil, lampunya mati, mau nyalain, gatau caranya.......................Yaudah gue menyerahkan diri aja ke kursi. Atur posisi senyaman-nyamannya untuk bobok gak cantik.

Tips #1: Kantongin obat-obatan yang udah diniatin banget mau dikonsumsi.

Lumayan lah dapet tidur 2 jam.

Dua-jam.

Karena kebetulan gue duduk di bangku paling depan di kelas kedua, dan ada monitor di depan gue persis yang selalu menginformasikan titik koordinat kami dan waktu antara Jakarta, lokasi terkini, dan Amsterdam. Jadi setiap beberapa saat sekali gue ngeliat lokasi. Pas monitor nunjukkin pesawat kami bakal melintasi (memper-memper) Karachi, gue merinding.

"Duh, aman gak ya?"

"Duh, deket banget sama Karachi, ini ga bisa agak kekiri dikit apah."

Dan setiap monitor nunjukkin waktu, gue langsung kepikiran yang di Jakarta.

"Mama pagi ini nangis gak ya?"

"Mama sama papa lagi ngapain ya..."

Gue buka hape, liatin foto gue sama bokap, foto gue sama nyokap, dan tetep nahan nangis.

Setelah lewat jam 5 pagi waktu Indonesia (setelah pramugari ngasih snack buah), gue nyoba tidur lagi karena lampu dimatiin kembali.

Lumayan dapet sejam.

Setelah itu gue bangun, dan mendapati matahari mulai terbit. Gue duduk dibarisan tengah, tapi bisa ngeliat ke barisan paling kiri.

Good morning, distance..

That's what I said to myself, to my mom..........

Tiap kali gue mau nangis, gue selalu menyoraki diri gue:

"Ayo raaaaa, anak bungsu, cewek, selama ini dianggep manja. Bangga dong bisa memulai sendiriiiiiii."

Nyokap gue pengen banget bisa nganter gue, apa daya, uang ga memadai. Jadi I did it myself. it's a must.

Setelah matahari mulai muncul, gue udah sama sekali ga bisa tidur lagi sampe mendarat. Yang ada, gue nonton terus sambil sesekali ngeliat ke monitor. Pas sekitar jam 9, pesawat gue melewati Jerman, memper-memper kota Hannover. Dalam hati "PAK, MENDARAT DISINI AJA PAK DARIPADA SAYA HARUS NUNGGU 7 JAM DI AMSTERDAM PAK."

Tapi yang gue lakukan: duduk manis dengan mata layu.

Jam 10.00 waktu jam tangan gue, mendarat lah Garuda Indonesia yang gue tumpangi itu di tanah Amsterdam. Tips #2: Naik GA enak, jadi kalo mau pergi ke Ams, gue sangat merekomendasikan ini, terlebih kakak gue dulu naik pesawat Jerman inisial L, pelayanannya jelek. Dan gue untung sih, dapet tiket yang relatif murah untuk penerbangan ini: 6,13 jt.

Hore! Pijakan kaki pertama di benua biru!

Setelah gue masuk ke airport, ketika semua orang sibuk cari informasi ruang transit, pintu keluar, bagasi, yang pertama gue cari adalah: wifi. Terpujilah wahai Belanda yang murah hati untuk berbagi sinyal wifi gak kayak Jerman. Gue langsung ngabarin orang rumah kalo gue udah selamat mendarat gak kurang satu apapun kecuali........

Kelar ngabarin, baru deh gue cari info penerbanggan gue selanjutnya melalui pintu berapa. Karena gue ga mendapatkan tanda-tanda informasi, maka gue tanya pak satpam. (((satpam))) (((mangnya pos kamling))). Tips #3: Kalo udah sampe Schipol dan ga dapet info, jalan aja sampe nemu monitor warna item, disitu ada semua, gausah nanya, nanti di nasihatin sama petugas bandara 'kamu sebenarnya bisa liat di bla bla bla'. Cuma kalo transtitnya 7 jam KAYAK GUE, ya emang sih harus nunggu 3 jam sebelum penerbangan lo, baru info gate lo terpampang di layar.

Pas gue nanya, ada anak indo lain bernama Fano yang juga kebingungan nyari ruang transit. Akhirnya gue dapet temen..... Terus kita jadi saling menjaga gitu.. Menjaga tas maksudnya. Pas dia pipis, gue jagain tasnya. Pas gue nyari info, dia jagain tas gue. Doi mau lanjut ke Skotlandia, sedangkan gue ke Jerman. Oke, dia transit cuma sejam, sedangkan gue? Tujuh jam.

Iseng-iseng gue nanya ke petugas bandara apa bisa gue keluar sekedar cari angin, eh ternyata ga direkomendasikan karena statusnya transit. Riskan katanya. Terus juga katanya anginnya lagi gaenak, doi kuatir gue masuk angin.

Karena rencana gue untuk foto di I AM STERDAM-yang mana itu adalah salah satu must-have-shot kalo lagi ke Ams- batal, yauda gue abisin waktu transit itu dengan ngabisin Schipol.

Anjir, gede banget ni bandara. Sekedar pindah gate aja kaki gue rasanya lemes (karena ngantuk kurang tidur juga). Rasa haus pun melanda, gue nyari kran yang airnya tinggal minum itu ga nemu-nemu. Mampir lah gue ke mini shop gitu buat cari air mineral. Yang paling murah. Dan snack. Yang paling murah. Dan halal.
Total: 4,5 euro.

INI KENAPA MAHAL AMAT SIK.

Tips #4: ternyata air siap minum dari kran itu ada di bawah eskalator, sebrang toko cokelat NEUHAUS. Jadi buat kalian traveler ngepas yang haus, gausa beli, cari aja sampe dapet itu kran.

Pas gue tenggak, kampret, ternyata mineral waternya bersoda. Ah yaudahlah apa boleh buat, ga tega sama duit kalo harus dikeluarin lagi. Setelah gue makan dan minum, gue keliling lagi nyari lokasi yang enak buat istirahat. Alhamdulillah, Schipol bangku dan sofa beseraaaaak! Banyak backpacker yang kayanya milih tidur di bandara untuk menghemat. Tips #5: Nginep lah di bandara untuk menghemat biaya penginapan, jangan lupa bawa selimut summer dan bantal kecil.

Schipol itu semua orang keliatan buru-buru, semua keliatan sibuk, jadi sebisa mungkin hindari jalan lambat atau berhenti tiba-tiba, nanti ketubruk.

Selain sofa yang berserakan, lo juga bisa main piano yang emang disediain bandara untuk pengunjung yang mungkin lagi bete. Mainkanlah. Gue menikmati aja, ngantuk. (bilang aja gabisa main.. Eh bisa kok, dikit!). Ga mau piano? Tenang, disini juga ada perpustakaannya, lo bisa liat-liat buku, atau sekedar browsing dengan komputer yang disediain.

Maaf, segala bentuk tawaran itu gue tolak. GUE NGANTUK BANGET!!!!!!!!

Jam 4 sore waktu Ams, gue masuk ke ruang tunggu. Dan bokap gue ngajak skype, kalo bukan bokap, KALO BUKAN BOKAP, gue udah nolak itu ajakan skype. Gila itu ngantuknya parah banget. Lo bayangin aja tidur cuma 3 jam dalam waktu hampir 48 jam. Pas skype, bokap gue juga komen kalo mata gue udah sayu banget. Akhirnya skype pun berakhir. 16.45, gue masuk ke pesawat KLM untuk ngelanjutin perjalanan gue ke negeri Ueber Alles.

Tips #6: Kalo berniat bawa koper, bawa lah yang sekaligus gede. Kalo naik GA dan lo pelajar yg mau abroad, coba hubungin pihak GA untuk dapet fasilitas ijin bagasi sampe 40 kg, gue dapet info dr temen transit gue begitu. Nanti diminta nunjukkin LoA nya aja. Gausah 2 koper dengan volume berbeda kalo lo transit dan lanjut dengan pesawat berbeda. Dan kalo lo dapet pesawat lanjutannya KLM, mending gausa bawa backpack gede atau koper kecil yang bisa dibawa ke kabin. Kenapa? KLM yang biasa dipake untuk penerbangan domestik (domestik: sesama negara di Eropa) itu pesawat kecil. Dan barang gede ga akan diijinkan masuk kabin, tapi dikasih nomer dan harus masuk bagasi pesawat. Cara masukin bagasinya pun ga kayak di airport, tapi lo harus menyerahkan barang bawaan lo tersebut di bawah pesawat, sesaat sebelom lo naik tangga pesawat. Dan keteledoran sering terjadi disini. Banyak banget kasus penumpang KLM yang kehilangan barang. Ada yang barangnya lupa diangkut, ada juga yang salah masuk pesawat. Pokoknya udah kayak terminal bus gitu.

Beruntung koper kecil gue kembali dengan selamat. Gue sih saat itu ga khawatir, tapi abis dikasih tau sama temen gue di Jerman, rasanya jadi lega banget. Karena di dalem koper kecil itu gue simpen laptop. huft...................

Yaudah, sekian tentang travel terjauh gue di Amsterdam (baca: bandara Schipolnya doang transit 7 jam).

Semoga infonya bermanfaat, selamat bepergian! ^^