Senin, 29 September 2014

Penunjuk Arah ke Utara Surabaya

MAAP TELAT UPLOAD, TADI RAPAT DULU SOALNYA *bersihin make up*

Hari ini ditantang sama Sarah buat nulis tentang wisata religi. Udah pasti banget sih ini yang bakal gue tulis. 

Di suatu Kota Besar kedua di Indonesia setelah Jakarta, yaitu Surabaya, ada lokasi religi yang terkenal bernama Masjid Sunan Ampel.

Do you know Sunan Ampel? Itu adalah salah satu wali songo yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Dan sekarang beliau dimakamkan di Surabaya. 

Gue kesana terakhir itu tahun 2012, sama keluarganya kakak gue yang kedua. Tugas gue pada waktu itu adalah sebagai navigator. Jadi kakak ipar gue kepengen muter2 Surabaya, tapi isterinya yang merupakan kakak gue yang dulunya jua kuliah di Surabaya gak apal jalan, atau katakan saja: gatau lokasi-lokasi menarik di Surabaya...................................................................

Gue yang di underestimate-kan kalo ga apal lokasi di Surabaya, nerima tantangan ini dengan penuh suka cita. "Apa? Mau wisata di Surabaya? Hah, sapa takut!!"
Gue apal Surabaya yaaa, tolong tekankan itu. Lebih apal Surabaya malah daripada Jakarta. Cuma gatau angkot, maklum, kebiasaan nebeng motor~

Jadilah suatu malam itu gue nunjukkin rute ke wisata Sunan Ampel. Sebenernya ini bukan yang pertama kalinya juga gue kesitu, udah yang ke-6 kali juga, mungkin lebih, dan menurut gue Surabaya itu emang kota yang mudah dihafalkan, gak kayak Malang.

Ada apa aja sih kak di Sunan Ampel?
1. Ada makamnya Sunan Ampel dong yang jelas. Beliau dimakamkan di sebelah barat masjid Sunan Ampelnya.
2. Kulineeeer!!!! yeaaaay! Yup, disini banyak banget makanan enak, sampe cendolnya pun enak banget!!!!!! Kalo malem, lokasi ini jadi tempat kuliner yang oks banggeudh, ada banyak makanan arab2 gitu. Nah, di daerah ini emang dikenal sebagai 'Kampung Arab', karena yang berdomisili disini hampir seluruhnya keturunan Arab.
3. Aksesoris. Buat yang suka pake hena, makan korma, gincu merah tapi batangnya hijau tapi kalo dipake natural banget warnanya, disini juga tempat belinya. Iya, di Tanah Abang juga ada. Tapi sensasinya beda lah, macem kau ke Arab sana. Disini tuh cukup menyenangkan lah kalo mau ganti suasana.

Yang mau ke tempat ini, pastiin dulu tujuannya apa. Kalo mau ke makamnya, bisa siang atau malem. Kalo mau pasar yang jual pernak pernik dan aksesoris, datenglah pagi atau siang. Kalo mau kulineran, datanglah malam.

Mau berkunjung kesana? Bagi perempuan yang ga jilbaban, bawa jilbab ya. Dan jangan pake baju ketat atau pendek.

Sekitar 15 menit dari pusat kota Surabaya dengan mobil, kita udah bisa sampai disini. Parkir kendaraan kalian di lokasi tersebut di jalan besar (harus diingat, Indonesia belum tertata masalah akses ke daerah wisata, jadi harap sabar karena harus parkir liar dsb). Setelah parkir mobil, ikutin papan penunjuk yang ngasih tau lokasi masjid Sunan Ampel. Untuk menuju masjid tersebut, kita akan dibawa ngelewatin lorong yang isinya penjual aksesoris dan jajanan kecil2 yang enak (astaga, gue jadi kepengen cendol T_____T). Gue saranin, mampir aja beli cendol warna putih disitu, itu enak banget rasanya..... alami banget. Beli juga rujak cingur yang di jual oleh mbok-mbok disana. Selain enak, harganya juga masya Allah murahnya. Lorong tersebut kurang lebih 200 m sampai kita tiba di pintu masuk masjid. Begitu masuk, ikuti aja tanda panah ke arah makam Sunan Ampelnya. Kalau lagi bulan puasa, biasanya bakal ramai peziarah. Waktu gue ke makamnya itu malem bulan puasa, ya rame juga.

Nah malamnya, cobain kebab-kebab yang penjualnya beserakan di lokasi itu. Atau mungkin mau coba roti maryam atau roti cane.

Selesai dari berkunjung ke Sunan Ampel, bisa tinggal lurus aja menuju jembatan Suramadu ^^

Selamat berwisataaaaaaaaaa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar