Minggu, 02 Februari 2014

Day #3 : Your Parents

“A parent (from Latin: parēns = parent) is a caretaker of the offspring in their own species. In humans, a parent is of a child (where "child" refers to offspring, not necessarily age)
-       Wikipedia

“a mother or father of a person
-       Cambridge dictionary
-        
Jadi, orangtua (kandung) terdiri dari 2 orang yaitu mama dan papa.

Pertama, gue akan menceritakan mengenai bokap gue.

FATHER
[fahth-er] – noun;
One who supports, inspires, encourages, tells funny jokes, never relinquishes the remote control, falls asleep on the couch in front of the TV
-       Got somewhere



Bokap gue bernama Chayun Budiono (baca: Hayun Budiono, dimana Ch merpakan ejaan lama, seperti Chairil Anwar). Merupakan orang keturunan minang dan jawa tengah, numpang lahir di Kebumen, besar di berbagai daerah seperti Kebumen, Wonosobo, dan Palembang.  Untuk selanjutnya gue akan menyebut oknum dengan panggilan papa.

Papa merupakan orang yang luar biasa sabar, luar biasa bijaksana, luar biasa rendah hati. Gue udah menemukan orang yang lebih bijak dan lebih rendah hati dari papa, tapi menemukan orang yang lebih sabar? Belum. Inget suatu kejadian papa kesakitan luar biasa, gue yakin itu sakitnya bukan main. Tapi beliau sama sekali ga bersuara, ga teriak, ga meronta, papa Cuma megangin bagian tubuhnya yang sakit sambil meringis dan berdoa. Gue ngalamin kayak gitu? Udah jaminan gue nangis ngejer, teriak, berasa itu mungkin akhir dunia gue kali.

Dibanding dengan bokapnya temen-temen gue yang seumuran gue, papa relative udah tua, udah berkepala 6 usianya. Tapi semangatnya untuk kerja itu ga bisa di rem, suka ga inget usia, merasa sehat terus. Bagus, memang, tapi orang rumah suka khawatir jadinya.

Papa orang yang selalu men-support gue dalam keputusan apapun selama itu ga bertentangan sama hal-hal yang semestinya. Support terbesar yang papa kasih ke gue adalah urusan sekolah. Sejak gue mau ambil S1, papa selalu mempersiapkan yang terbaik buat gue meskipun gue nya rada bandel dan banyak maunya (dulu maunya UI, tapi papa bilang kalo mau Teknik Lingkungan yak ke ITS aja). Papa pernah bilang, pendidikan itu investasi. Selama uang yang banyak itu memang untuk keperluan yang jelas (bukan SPP – SPP SMP ato SMA yang mahalnya keterlaluan sekarang ini dan dari taun ke taun selalu aja ada alas an sekolah buat naikin uang masuk), dianggap aja itu modal untuk masa depan. Pada akhirnya, gue memang dikasih sama Allah SWT untuk sekolah di ITS. Sambil nangis-nangis packing dan sebagainya, gue ke Surabaya dan ngekos.

Hikmahnya gue dari ngekos dan jauh dari rumah adalah, gue mengerti apa artinya pulang. Gue jadi merasa istimewa setelah punya pengalaman jauh dari orangtua. Gue ngerasain yang namanya sarapan sendiri, laper malem-malem usaha sendiri, yang biasanya pagi-pagi gue bisa ngeliat papa berangkat kerja, mama di dapur nyiapin sarapan, kali ini engga. Gue tau rasanya kangen papa dengan teramat sangat. Sama ga rasanya kayak waktu dirumah, tapi ditinggal papa keluar kota? Beda. Rumah masih nyaman. Sekangen-kangennya sama papa, selama masih dirumah, ga sebanding sama kangennya malem-malem lo beneran sendirian dikosan, kangen ngeliat papa nonton berita malem-malem. That’s priceless.

Papa selalu menginspirasi semua anak-anaknya. Dari anak pertama, sampe gue, selalu merasa papa ga ada tandingannya. Iya, normalnya memang setiap anak berkata demikian tentang ayahnya. Bokap pekerja keras, berani ambil resiko, gak suka hal instan. Dulu papa kerja di salah satu perusahaan minyak, tapi ga merasa kerasan karena berbagai hal. Akhirnya keluar, dan merintis karir pelan-pelan untuk membangun usaha sendiri. Kemudian, setelah gue besar, gue pernah bingung nantinya gue kerja dimana. Saat itu papa nasehatin gue

“Kalau sudah punya ilmu, jangan memusingkan mau kerja dimana. Hidup itu adalah urusan manusia untuk bisa berbagi. Coba mulai diganti ‘gimana caranya bisa menghidupi oranglain nantinya’. Kalo urusan uang, selama kita niatnya untuk berbagi, akan selalu ada jalan yang dikasih Tuhan. Beda kalau Rara mikir ‘gimana caranya punya uang banyak’. Lagian, mau emang jadi budak besar? Bukannya enakan jadi orang kecil tapi kita rajanya?”

Satu kalimat tentang papa:

"Papa adalah satu-satunya orang di dunia ini yang mempercayai kemampuan gue, ketika ga ada satupun orang yang mempercayai bahwa gue mampu bahkan diri gue sendiri"

Lot of stories about him. Dan gue ga minat untuk menceritakan hal-hal sedih yang pernah gue alamin terkait beliau. Setelah gue berusia 20an  gue selalu memikirkan hal yang sama. Berapa waktu lagi gue punya kesempatan buat ngeliat papa?

MOTHER
[muhth-er] – noun;
Someone who will love you unconditionally, till her last breath.
-       Got somewhere



Sekarang beralih ke nyokap gue. Nyokap bernama Ernawati, kelahiran Surabaya dan besar di Bali dan Surabaya. Selama hidup gue mengenal nyokap gue adalah orang jawa timur tulen. Selebihnya gue akan memanggil nyokap dengan sebutan mama.

Kebalikannya dari papa, mama adalah orang yang mudah marah. Gampang banget marah sama kesalahan sepele. Tapi namanya juga mama, mau gimana juga perhatiannya 100% buat anak. Mama juga orang yang perasa banget, gampang banget sedih sama kondisi sulit oranglain. Mama adalah orang yang selalu nagajrin tentang kesederhanaan. Ngajarin antara ‘butuh’ dan ‘mau’. Ngajarin untuk lebih  peka sama kesulitan-kesulitan oranglain dan mengesampingkan hal-hal yang bersifat boros dan bermewah-mewahan.

Dibalik sifat tempramen mama yang kadang bikin kesel juga, gue bisa memahami satu hal yang paling menonjol dari mama, yaitu kesepian. Sekarang coba dibayangin kalo lo udah tua, anak-anak lo udah gede dan punya kehidupan masing-masing. Pasti yang jadi keinginan utama lo adalah didatengin sama anak-anak lo kan? Sekalipun lo belom pernah ngalamin, coba aja dibayangin. Gue inget mama pernah bilang kalo seandainya papa meninggal duluan, mama mau ikut aja karena merasa ga mampu kalo harus ngadepin kehidupan ini seorang diri.  Gue nangis dengernya.

Gue punya satu cerita. Dulu waktu gue prom night pas SMA, ortu gue jemput gue ke gedung tempat promnya diadain. Hari itu gue ngurusin outfit gue semua sendiri, ortu gue pergi kayaknya dari siang. Setelah siap, gue cerita gimana penampilan gue ke nyokap (gue bangga gue bisa sangat terbuka dengan nyokap dari usia gue muda dimana buat anak-anak lain justru bilang ‘ih anak mami’). Dan waktu malem-malem sekitar jam 10 malem gue sms mama untuk jangan jemput dulu karena Nidji masih main, dan sampe akhirnya jam 11 gue minta jemput,

Waktu berlalu. Usia berkurang. Waktu bertemu semakin sedikit. Gue pindah ke Surabaya. Yang gue awalnya mikir kalo gue yang lebih kasian daripada ortu gue dirumah, ternyata engga. Mama jauh lebih kasian karena bener-bener ngerasa kehilangan. Gue emang bukan anak satu-satunya, tapi gue anak terakhir yang jarak usianya aja sama kakak yang diatas gue langsung beda 9 taun. Jadi, ketika kakak-kakak gue udah tua, ada gue yang masih jadi ‘mainan’ ortu sampe usia gue hamper 14 tahun (UDAH ANGGEP AJA MASIH 14). Suatu pecan gue pulang ke Jakarta karena liburan semester. Gue mainin hape mama, iseng-iseng buka inbox. Gue g abaca isi inbox, Cuma liat siapa aja nama yang ada disitu, sampe gue menemukan beberapa sms dari gue sendiri. Pas gue buka, gue kaget..

Meskipun waktu berlalu, usia berkurang, waktu bertemu makin sedikit, gue ke Surabaya dan itu udah masuk taun kedua, dimana inbox gue pun juga paling mentok isinya sms setaun terakhir, ternyata sms gue jaman prom night itu masih disimpen sama nyokap. Inbox itu muatnya Cuma dikit, bukan kayak hape skr yang bisa nyimpen ribuan. Itu mentok paling 50 sms. Tapi dalam inbox itu juga Cuma ada 10 sms dimana 3 diantaranya adalah sms gue jaman prom night itu.

Dari situ gue sadar, gue ga boleh sombong, suatu saat nanti gue akan ada di posisi itu, posisi dimana gue Cuma bisa memandangi  sms anak gue ketika remaja, dan pada saat gue membacanya anak gue lagi main sama temen-temennya yang boro-boro inget gue…. (jangan sampe ya Allah, semoga anak-anak gue nanti separah-parahnya kayak gue aja, banyak maunya. Aamiin).

Ya itu tadi tulisan gue tentang kedua orangtua gue. Semoga tulisan yang seadanya ini bisa ngebikin kalian yang baca lebih menghargai waktu yang kalian punya untuk lebih lama sama mereka. Karena berlama-lama dengan mereka bukan berarti anak manja yang kolokan dan maunya sama ort uterus, tapi artiny kita memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya sebelum kesempatan itu ilang karena Allah udah merindukan mereka. Selain itu, percaya deh, mereka bahagia kok kalo kita meluangkan lebih banyak waktu untuk mereka daripada pacar atau temen. Sekalipun mereka ga bilang, sekalipun terkesan ga peduli, tapi pasti perasaan mereka bahagia ketika anak-anak mereka memprioritaskan mereka.

Satu kalimat untuk mama:

"Mama adalah perempuan yang akan selalu merindukan gue melebihi papa, jelas, sekalipun gue mungkin ga inget beliau, meskipun mungkin gue ngeselin, meskipun diluarnya mama itu keliatan lagi marah sama gue"


Sampai juma di tantangan hari ke 4!

1 komentar:

  1. tatapan mata ayahmu seperti elang yang akan mensikat mangsanya,,,

    BalasHapus