Senin, 03 Februari 2014

Day #4 : Your Sibling

Tantangan hari ke-4 disuruh nyeritain sodara. Gampang aja sih. Cuma masalahnya 1, sodara gue banyaaaak.............................

Gue anak ke-5 dari 5 bersaudara jadi artinya gue harus menceritakan 4 kakak gue.

Yasmina Safitri.
Lahir 28 Oktober 1974 di kota Semarang. Gue manggilnya Mbak Ici. Kenapa mbak Ici? Karena adeknya (kakak gue yang nomer dua) ga bisa manggil doi mbak Fitri dan jadi mbak Ici. Alhasil panggilan itu kebawa sampe sekarang. Mbak Ici udah nikah dan jadi ibu dari duo Syahida, yaitu Nadine Nirwesti Syahida usia 12 taun dan bulan depan udah 13 taun, dan Rajwa Isnaini Syahida usia menjelang 6 taun. Kakak gue yang pertama ini sangat aktif didunia social, pendiri MJ-troops (pecinta Michael Jackson) dan membatu anak-anak jalanan (rumah singgah) untuk mendapatkan pendidikan yang tidak mampu mereka dapatkan dari bangku sekolah karena keterbatasan biaya sekaligus belajar nari (tariannya MJ pastinya). Karena aktifnya, dia sekarang sedang mempersiapkan untuk berperan di film bioskop berjudul ‘Persembahan Terakhir’. Gue juga ga tau pasti filmnya tentang apa, yang jelas ya ga jauh-jauh dari Michael Jackson.

Mbak Ici itu satu-satunya kakak gue yang care banget sama penampilan. Gue kadang suka berasa dekil gitu kalo jalan keluar sama doi. Dia rapi, gue engga. Dia bisa dandan, gue masih untung bedakan.... Duh.... 

Membicarakan soal apa hal baik yang telah dia berikan ke gue, gue merasa gue cukup banyak mendapatkan contoh baik yang secara ga langsung gue lihat dari beliau. Gue pernah beberapa kali ngobrol berdua dan denger curhatan mbak Ici, dan pesan yang gue paling inget adalah…

“Hobi apapun yang kita punya, kita kerjain untuk tujuan membantu oranglain. Karena hidup itu adalah urusan untuk tolong menolong.”

Mirip ya sama nasihat yang pernah gue dapet dari bokap?

Faraida Nafiri

Lahir 6 Februari 1976 di kota Surabaya. Panggilannya Mbak Ida atau Mbak I’. Menurut pandangan gue pribadi, diantara 5 anak orangtua gue yang kemampuan ilmunya beda tipis sama papa itu ya mbak Ida. Gue? Ya deket lah, kayak perjalanan bumi – bulan bolak balik…….. Mbak Ida juga udah menikah dan jadi orangtua duo ganteng Semeru. Yang pertama namanya Arka Nabiel Ranukumbala dan yang kedua Bima Jabbar Ranupani. Kedua anaknya dinamain danau di semeru karena mbak Ida dan suami waktu pacaran hobinya hiking. Iya, kakak gue yang kedua ini udah naklukin gunung mana-mana dan punya cerita serem dari gunung mana-mana. Waktu gue masih SD, gue suka maksain minta diceritain cerita serem, keseringan sih gue ga diceritain karena mbak Ida tau gue anaknya penakut, tapi gue tetep aja maksain.

Kakak gue dulu kuliah D3 sampe S1 di ITS – UI – ITS. Waktu kuliah di ITS, tebak siapa yang paling banjir bandang mukanya tiap kali doi berangkat ke Surabaya? Nyokap gue? Bukan. GUE!!!!! Sampe mbak Ici dulu pernah bilang “ya ampun nangisnya kayak ditinggal pacar aja sih”. Ya gimana, gue sama Mbak Ida dulu nempel aja. Malah suka jeles kalo mbak Ida deket sama sepupu gue K *skeptic* *Stiker Cony preman* *stiker mice lempar meja*. Kalo lagi pacaran dulu, gue suka dibawa. Padahal……………………….. naik vespa………………………………………..

Yoihhhhhh, gue bertigaan naik vespa sama kakak gue dan pacarnya keliling Jakarta. Keren banget kan masa kecil gue?

Mbak Ida adalah kakak gue yang banyak ngehibur dan ngasih masukan ketika gue stress-stresnya harus ngekos di Surabaya.

“Ra, enakan kuliah di ITS daripada UI. Dosen mbak Ida di UI aja bilang, kalo mau lanjutin sekolah mending ke ITB aja ato ITS, jangan UI. Disana juga Rara bakal lebih berkembang, lebih leluasa belajar daripada di UI. Jalanin aja..”

Ya berkat nasihat dan dukungan dari mana-mana akhirnya gue bisa dikit-dikit ga stress di Surabaya.


Rina Maharani

Kakak gue berikutnya lahir di Surabaya tanggal 24 Juni 1977. Panggilannya Mbak Rani. Mbak Rani juga udah menikah dan punya 3 anak bernama Aji. Ananta Boemi Adji, Fayra Ramadhan Adji, dan Adi Arjuna Sangadji. Kakak gue yang ketiga ini hobi ngelukis. Gue seneng banget kalo kakak gue udah ngegambarin gue Sinichi Kudo sama Sakura Kinomoto. Taukan? Itu kartun favorit gue jaman kecil. Dulu gue pengen banget punya baju-baju kayak Sakuraaaa :””””(. 

Waktu kecil, gue tidur sekamar sama Mbak Rani. Pindah kamarpun, gue tidurnya tetep sama Mbak Rani. Ini kakak gue yang paling pendiem. Pernah gue diceritain mama, waktu SMA doi ditaksir temennya dan malem-malem didatengin kerumah. Waktu itu rumahnya masih di Serpong. Emang dasar mbak Rani ga doyan ngomong, itu tamu dicuekin aja, mbak Rani dikamar aja dan akhirnya si cowo ini nonton film horror di ruang TV sama………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..Nyokap gue.

*epicfail*

Pas adegan setannya keluar, tiba-tiba doi ngacir aja keluar rumah sampe ga sempet pamit saking takutnyaaaa :””””))))).

Oke lanjut. Mbak Rani kuliah di Jogja. Dan sama kayak kejadian antara gue – mbak Ida, tiap kali mbak Rani balik ke Jogja gue nangis mandarin. Mata bengkak. Air mata bececeran. Ingus kemana-mana. Ya gimana dong, gue kecil sendiri dirumah. Gue kan berasa kehilangan temen tidur, temen main. Gue jadi tidur sendirian. Gue kesepian………………………. *curhat*

Hal yang paling gue seneng adalah jalan-jalan di Jogja sama Mbak Rani. Gue masuk ke kamar kosnya, dan disitu gue menemukan gambar-gambar masterpiece gue beserakan di tembok kamar kosnya. Perlu ditekankan ya, satu-satunya kakak gue yang mengapresiasi gambar buatan gue ya cuma mbak Rani… Se abstrak apapun hasil karya gue. Sampe dibingkai-in, dipajang *nangis terharu* .

Furdan Perdana

Here is it. My one and only brother. Lahir di Jakarta 6 Mei 1981. Iya, bahkan jarak umur gue dan kakak gue yang diatas gue persis aja 9 taun…. Gue ini bonus banget lah istilahnya. Doi juga udah nikah dan baru aja nikahnya, desember 2013. Satu-satunya kakak gue yang cowok ya cuma ini doang.

Cerita tentang mas Furdan, dulu waktu Sheila on 7 baru aja muncul di Tv, sekeluarga besar pada heboh. Gara-garanya adalah muka si Duta mirip banget sama mas Furdan. Kalo kondangan aja, gue ketemu sepupu, terus pada nanyain mas Furdan, nanyanya gini “Eh adenya Duta, Dutanya mana?”. Gitu. Tapi mah masih gantengan kakak gue sih. Mau apa lu? (ini muji soalnya kuatir kalo mas Furdan baca, terus gue nulis yang jelek-jelek, nanti gue ga dibeliin Sticker LINE lagi).

Gue ga deket sih sama mas Furdan. Tapi waktu kecil lumayan deket…………………………..berantemnya. Eh… engga ding…. Gue dikerjain mulu sih lebih tepatnya. Mana gue cengeng kan, makin seneng deh ngerjain gue. Banyak kejadian-kejadian ngeselin yang pernah gue alamin tapi kalo diinget-inget sekarang malah lucu dan……………………………… berasa banget gue nistanya gampang diboongin.

Salah satunya adalah ketika gue dan keluarga masih tinggal di komplek PUSPITEK Serpong. Dimana suasana asri, nyaman dan sejuk. Gue suka main di alam lepas kan (hayyah alam lepas), ya pokoknya ga kayak anak jaman sekarang yang menurut gue kesian banget mainnya diruangan mulu, depan komputer. Saat itu gue belom sekolah, belom TK. Gue lupa awalnya gimana, tapi yang jelas itu lagi main tanah (gue dan mas Furdan) *haztagaaaaah, main tanah*. Pas gue lagi meleng dan sibuk (dengan tanah gue) sendiri, tiba-tiba kakak gue yang paling ganteng ini nyamperin gue dan membawa bunderan cokelat kecil yang menggiurkan. Gue cinta ovaltine. Dan ini ovaltine. Dia sodorkan coklat itu ke gue sambil bilang “Nih, buat Rara”. Gue ambil dong. Seneng. Tumben banget kan mas Furdan baik sama gue ga geprak-geprakin kepala gue. Gue makanlah si ovaltine bullet itu. Eh gak taunya ITU TANAH YANG DIKASIH AER DAN DIBULETIN RAPIH SERAPIH-RAPIHNYA. IYA, GUE MAKAN TANAH! KEREN KAN? HARGA TANAH KAN MAHAL, TAPI GUE MAKAN!

Pesan moral yang gue dapet dari situ adalah: Gausah percaya lagi kalo orang yang selama ini isengin elu tiba-tiba baik. Itu cuma ada2 kemungkinan: jebakan, atau kekhilafan. Udah. Gitu aja.

Tapi dibalik itu semua, mas Furdan itu baik kok. Diem-diem mikirin baik-buruknya jalan yang gue ambil. Kakak gue yang ga setuju gue kuliah di Surabaya ya Mas Furdan. Tapi gue tau tentang ini malah dari pacarnya waktu itu……………… ga dari doi langsung. Yaudalah gapapa. Terus siapa yang diem-diem mengungkapkan pendapat gue ga boleh pacaran sama si ini dan si itu? Ya dia doang. Intinya biar ga deket, jarang ngobrol, ga berarti gue nganggep doi ga sayang sama gue. Semua orang sayang sama sodaranya sendiri dengan cara masing-masih. Tsaelah.

 Yaudadeh, sampe ketemu besok ditantangan nomer 5 ya!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar