Senin, 10 Februari 2014

Day #11 : a Deceased Person You Wish You Could Talk To

Gue bingung. Tantangan yang dikasih ke gue ini kenapa ga berlevel sama sekali sih? Gue pikir dari hari kehari tantangannya bakalan makin susah, lebih ngebongkar rahasia. Tapi ini ga, fluktuatif banget. Yaudah, gue jalanin aja.

Hari ini tantangannya gue harus menceritakan sesorang yang udah meninggal, yang pengen banget gue ajak ngomong. Horor ya. Agak. Semoga aja abis nulis ginian ga ada yang aneh-aneh.

Sebenernya, gue tau siapa yang bakal gue tulis disini, tapi ada tapinya. Jujur aja gue kangen banget sama dia. Dia meninggalkan gue ketika gue SMA, tepatnya januari 2007 silam. Dan sejak itu, tiap januari 2007 gue selalu keinget gimana kabar itu datang, jam berapa, apa rencana gue hari itu, dan semua berubah ketika berita duka itu sampai ke telinga gue. Dan gue masih selalu nangis ingetnya. Tapiiiii, kalopun gue ketemu gue gatau mau ngomong apa. Paling juga maunya meluk.

Beliau adalah inyik gue. Inyik berarti kakek dalam bahasa minang. Kepergian inyik adalah kepergian seseorang yang sangat menyakitkan buat gue. Ngebekas banget sampe sekarang karena itu pertama kalinya gue ngerasain ditinggal pergi selama-lamanya orang yang gue sayang. Hari itu lagi libur sekolah, dan gue sama ortu berencana ke dufan. Gue sangat bersemangat di hari sebelumnya. Lalu sekitar jam 03.30 pagi, pintu kamar gue diketok dan gue dibangunin dari tidur gue. Gue kira "hah? Kan libur, kok tetep dibangunin?" Dan saat gue buka pintu, nyokap gue ngasihtau "Rara, Inyik udah meninggal". 

Gue bengong. Gue ngantuk. Gue sama sekali ga sedih menit itu. Gue diem ga ngerespon apa-apa. Sampe mama nanya "Rara mau ikutan ke Wonosobo apa engga? Mama sama papa mau berangkat". Gue ngegeleng. Terus nutup pintu kamar, lalu gue duduk dikasur, mikir.

Inyik meninggal.

Sebentar-sebentar..

Meninggal. Artinya gue ga akan ketemu lagi sama Inyik? Ga akan? 

Baru setelah beberapa menit gue tersadar penuh, terus gue keluar kamar menuju kamar orangtua gue dan bilang "Rara ikut."

Dan gue masuk kamar, terus nangis sejadi-jadinya. Gue bawa beberapa baju (sambil nangis) dan siap-siap.

Kebetulan adeknya papa kerja di penerbangan (pilot) jadi beliau yang ngurusin soal tiket dadakan dalam jumlah besar ini. Para orangtua (anak kandung Inyik) berangkat duluan karena ga ada tiket yang bisa dibeli dalam jumlah sebanyak itu untuk satu penerbangan yang sama, jadi para cucu berangkat belakangan. Gue pergi sama kakak gue yang ketiga. Saat itu kakak gue yang kedua lagi sekolah di Jerman, dan dia cuma bisa nangis-nangis lewat telpon.

Kami (para cucu) pergi dengan pesawat tujuan solo (kalo ga salah inget) dan lanjut ke Wonosobo pake travel. Sepanjang jalan gue ga banyak ngomong karena sepertinya gue cuma nangis, liat keluar jendela, dan muter instrumen guitar X-Japan yang Endless Rain. Musik itu penuh kenangan menyedihkan buat gue. Gatau kenapa, tiap gue sedih, gue pasti nyetel lagu itu. Baik yang pake lirik, atau yang versi instrumen aja. 

Berkali-kali papa nelpon nanya kami udah dimana, karena mereka sengaja belum memakamkan Inyik untuk ngasih kesempatan kami ngeliat Inyik untuk yang terakhir kali. (Fix, gue mulai nangis sekarang).

Sampe disana, gue rasanya kayak dicekek, udah ga bisa ngomong apa-apa. Gue ngeliat Inyik tidur diruang tamu rumah Inyik, kulitnya dingin, udah dibalut dengan kain kafan. Gue mencium kening Inyik dan berusaha sebisa mungkin jangan sampai airmata gue kena dikulit Inyik karena Inyik udah suci dimandikan. 

Gue ga percaya Inyik udah pergi. Kemudian gue kembali nangis sesenggukan, duduk didepan pintu ruang tamu, dimana oranglain sibuk semua. Ga ada yang merhatiin gue nangis disitu. Kebetulan mereka keluar masuk ga lewat pintu itu. Sampe salah satu oom gue liat, dan datengin gue nyuruh gue minum teh panas. Gue lemessssssssss sejadinya. Dan nangis ga berenti sampe Inyik udah terbaring dibawah tanah disamping isteri tercintanya.

Setelah Inyik meninggal, beberapa kali gue berharap untuk memimpikan Inyik. Terutama waktu gue lagi kangen-kangennya sama beliau dan alhamdulilah sampai hari ini, gue udah sekitar 5 kali memimpikan beliau. Seseorang pernah ngasihtau gue, kalau kita memimpikan seseorang yang udah meninggal, dan dalam mimpi kita dia ga ngomong apa-apa, itu artinya itu memang dia yang lagi mengunjungi mimpi kita. Kalau dia bicara sesuatu atau memberitau sesuatu, mimpi itu datang bukan dari Allah dan kita ga boleh dengerin kata-kata orang tersebut. Dan semua mimpi gue, beliau ga ngomong. Satu diantaranya dimimpi itu gue masih TK dan Inyik ngegendong gue, tanpa bicara. Dan satu lainnya, gue mimpi Inyik berdiri pake batik persis batik punya papa, sambil senyum kearah gue. Dua mimpi itu yang paling berkesan. Bahkan ketika dalam mimpi itu gue bilang "Inyik, Rara kangen", beliau cuma senyum...

Al-Fathihah sent.

Sekarang kalau ditanya apa yang pengen gue ucapkan seandainya gue ketemu sama Inyik, gue pun ga tau mau ngomong apa, gue pasti cuma bisa bilang "Kangen banget Nyik...." 

Inyik orang yang baik banget, dan gue percaya Inyik ada ditempat terbaik sekarang..

Ich vermisse dich so sehr, Inyik. Wart auf mich...

 Iseng googling nemu ini


Datuk Bagindo Kali, Ruzbar Rahmat

1 komentar: