Rabu, 26 Februari 2014

Kantorku Cintaku

Sorry for this news. Gue tadinya ga pengen nulis blog apapun selain 30 tantangan nulis selama 30 hari. Tapi gue ga tahan untuk ga menuliskan ini di blog.

Gue ga tahan.

Hari ini hectic buat gue sebagai newbie. 

Jadi per tanggal 17 Februari 2014 kemaren gue internship di salah satu institusi pemerintahan Jerman (gue ga mau menuliskannya disini) yang menaungi kerjasama internasional untuk membantu negara miskin dan berkembang. Gue keterima untuk kerja di Malang selama 6 bulan ke depan (dan gue berharap bisa lanjut sebagai staff setelah gue S2, aamiin). Minggu pertama bisa gue katakan 'gut gemacht haben'. Everything was okay.

Hari ini gue bakal cerita perjalanan gue selama seminggu ini. Jadi pas gue masuk pertama kali gue belom menanda-tangani kontrak. Karena memang belom ada kontraknya. Kenapa?

Begini ya. Bukan mau sombong, tapi gue cuma mau negesin, ini badan usaha milik pemerintah Jerman. Tiap orang denger Jerman pasti yang terlintas pertama adalah canggihnya sama disiplinnya dong ya. Lalu apa yang nyebabin surat kontrak belom ada di gue padahal notabene mereka punya waktu 3 minggu sejak pertama gue dikabarin keterima disitu?

Tempat ini berkantor pusat di Jakarta dengan pimpinan pusat pasti lah orang Jerman. Surat itu sebenernya udah siap sejak lama, tinggal di tanda-tanganin pimpinan pusat untuk setelahnya dikirim ke gue untuk gue tanda tanganin. Tapi pimpinan tersebut belom tanda tangan karena suatu hal. Doi pernah lama tinggal di China dan percaya banget sama Feng Shui. Jadi dia cuma mau tanda tangan APAPUN ITU dan se URGENT APAPUN ITU di hari senin pagi. Senin. Pagi. Senin, tapi ga pagi, lo ga bakal bisa minta tanda tangan dia, apalagi hari non senin. Silakan temui dia next monday.

Jadi intinya, staff punya wkt 3 kali senin untuk tanda tangan kontrak gue. Senen pertama anggap gugur karena masih proses penyusunan surat (mungkin). Senen kedua ketiga, mungkin si bos lagi ga dikantor jadi gabisa tanda tangan. Ya intinya baru ditandanganin ketika gue udah mulai kerja.

Itu cerita pertama.

Minggu pertama gue ditugasin translet dokumen ke dalam bahasa Inggris karena salah seorang pimpinan cabang (pokoknya yang namanya pimpinan ditempat gue pasti orang Jerman ya) mau dateng dan mau baca dokumen tapi ga bisa bahasa Indo. Semua berjalan dengan baik. gue dikasih materi buat belajar dan ga ada masalah berarti.

Lingkungan kantor asik banget. Gue cepet akrab sama orang sekantor, ga ada masalah. Semua baik. Semua ramah. Satu nggatheli. Gapapa. 

Lanjut.

Masuk minggu kedua gue belom di briefing oleh supervisor gue. Jadi pada minggu pertama gue cuma dikasih tugas dengan 'perkiraan' job desc aja. Senin tanggal 24 Feb 2014 barulah gue di briefing sama supervisor gue. Gue masuk ke dalam team technic karena emang background gue teknik. 

Tugas inti gue adalah bikin pocket book dalam dua bahasa yang nantinya buku itu akan jadi alat untuk memperkenalkan tempat kerja gue ke khalayak luar. Oke.

Tugas inti kedua gue adalah cari donor international untuk funding program2 pemerintah di kota-kota Indonesia. Oke.

Tugas inti ketiga gue pun ga jauh beda sama dua tugas diatas. Oke.

Tapi hari ini?????????????????????????????????

Team leader gue yang masih muda ganteng pinter mata biru itu dateng untuk evaluasi dan segala macem. Dan dia meminta gue untuk ikut hadir pada seminar hari ini. Oke. Ga ada masalah. Pulangnya?????????

Orang kantor pada kejam banget sama gueeeeeee.

Gue diminta bikin report untuk news dan event yang harus dimasukkin ke web tempat gue kerja. Oke. Ini masih masuk akal BUAT GUE. belom juga ya kerjaan gue yang ini gue kerjain sampe kelar, tiba-tiba gue diminta untuk jadi notulen rapat hari ini. MEN, GUE AJA GATAU ADA RAPAT HARI INI MEN. DAN, GUE MAU RAPAT APAAN KALO GUE GATAU APA-APA? Yaudah, prinsip gue selama kerja: iyain aja, jangan pernah nolak. 

Rapat dimulai. Team Leader berterima kasih sama gue karena gue bersedia nyoba jadi notulen padahal gue baru banget disini. (gue tulis ya buat pencitraan aja. Gue seneng banget diterimakasihin sama bos gue yang bikin jantung gue fast and furious gini). Gue tau ini bakal susah karena gue gatau problematika kantor sejauh apa, dan...................dalam bahasa inggris. Gue ga akan boong, listening gue ga bagus-bagus amat. Apalagi writing. Belom lagi bahasannya berat. Hasilnya, gue cuma nangkep bagian awalnya aja. Bagian tengah ama akhir gue konsen ke team leader gue.. Bangsatnya, gue baru inget untuk nyalain recorder hape gue pas rapat uda jalan 30 menit. Syaitan. Gue kenapa oon banget sih disaat-saat begini? Mbok ya oon nya liat-liat gituloh.

Rapat kelar.

Gue lanjutin kerjaan gue bikin berita dan mulai nyalin hasil rapat tadi. BELOM JUGA SATUPUN KELAR, DATENG LAGI KEKAMPRETAN SATU. Salah seorang EH (pimpinan cabang kota lain) mau cari rumah buat dia dan istrinya dan orang yang bertanggungjawab untuk nemenin dia adalah office supporter dan office driver. Lalu muncul masalah: NANTI KALO BUTUH PENERJEMAH BAHASA INGGRIS, SIAPA YANG BISA? OS sama DRIVER KAN GA BISA. 

Terus dengan seenak jempol kaki mbahnya, sopir kantor bilang "Mbak Rara aja dong mbak suruh ikutan. Biar nemenin sambil nerjemahin" Iya Pak, cakep pak. Kerjaan gue sampeyan sing kerjakno ya Pak. Terus mbak-mbak yang diajak ngomong pun setuju kalo gue yang nemenin si mister dan isteri. Jan..... aku shock dan ngacakin rambut seperti biasa. Si EH pun ngeliat gue dan ketawa tawa, dia nanya apa yg kami perdebatkan. Lalu pas dijelasin, doi sumringah bilang "Ya ya ya, ofcourse you will join with me." Sambil liat ke gue. semua konspirasi. 

Akhirnya gue bilang, "Fine mbak Fine. Aku mau deh jadi guide si bapak ini asal aku ga bikin this shit notulensi ini ya mbak." Dia setuju. Gue udah seneng. Gue mending speaking timbang writing.

Eh gajadi.

Gue tetep terjebak dengan hasil rapat yang  gak gue pahamin ini.

Giliran gue nganggur, kerjaan hampir ga ada. Giliran gue udah ada kerjaan, semuanya pengen nyobain nyuruh-nyuruh gue. Tsakeups.

Dan ketika gue ngamuk, gue bilang ke semua staff "BESOK AKU MAU JADI TEAM LEADER AJA" dan ga sadar ada bos gue disitu yang ganteng dan udah sedikit paham sama bahasa Indo..................

Gue pulang hari ini dengan tangan pegel, hati mencelos, pundak sakit, hati patah (karena pak bos balik jkt).

Gue cinta kantor gue. Gue suka sama suasana kantor gue. Gue udah akrab sama semuanya kayak uda kenal lama. Asal ga sering-sering ya hari kayak hari ini.

:""")

Tidak ada komentar:

Posting Komentar