Selasa, 04 Februari 2014

Day #5 : Your Dreams

Tantangan hari ini adalaaaaaaah…………………..

“Your dreams”

Sebentar ya, gue duduk di perbukitan sambil mandangin bintang-bintang dulu….

Mimpi. Bicara soal mimpi, mimpi gue ini (ke)banyak(an) kayaknya.
Sejauh yang gue inget, mimpi pertama kali yang terbentuk dan gue ucapkan ke kedua orangtua gue adalah gue mau sekolah di Eropa. Negara manapun boleh, asal di Eropa. Tapi yang jelas negeri impian gue yang harus banget gue datengin itu Inggris. Gue suka sama yang klasik dan Inggris punya segalanya tentang klasik.

Waktu gue kecil gue sempet punya mimpi jadi pramugari. Bukan karena gue ngerasa cantik, bukan. Menurut gue asik aja bisa keliling negeri, apalagi bisa sampe internasional kan. Gue emang gatel pengennya pindah-pindah tempat terus anaknya. Tapi, belom juga gue gede, gue udah harus pake kacamata. Kandas deh.

Terus gue pengen jadi sastrawati. Gue pengen banget nonton theatre di Inggris yang ceritanya diangkat dari sastrawan legendaris dunia. Sampe sekarang. Gue pengen. Pengen banget.Semoga ini tercapai. Aamiin. Gue suka nulis dari SD. Waktu gue SD, mama pernah ngasih gue buku tulis yang cukup tebal untuk gue nulis apapun yang gue mau. Banyakan sih yang gue tulis tentang pemandangan yang gue liat, sama………………………………………………………puisi. Iya, jaman SD juga gue udah suka bikin puisi. Dan alhamdulillah gue pun pernah dapet Juara 2 dari hasil menulis se jabodetabek *bangga* *Setiker james muka minta digaruk sambil nyilangin tangan*. Tapi karena ngalamin yang namanya kena ‘doktrin’ dari seseorang bahwa jadi penulis (atau sejenisnya) otrientasinya cuma sebagai pemuas hobi, mimpi gue pun gua tanggalkan.

Kemudian, dari gue TK gue suka nari dan masuk ke sanggar tari (dan pragawati). Bisa dibilang bakat gue memang disini karena cukup banyak gue bisa memenangkan lomba tari. Penghargaan tertinggi yang pernah gue raih dari dunia tari ini adalah gue berhasil masuk 10 besar finalis tari bali yang diadakan tiap 2 tahun sekali sama ITB, Bandung. Sebenarnya, gue pernah menjuarai di kompetisi lain, dan pernah dapet posisi penari terbaik nasional, cuma buat gue kompetisi yang diadain ITB ini yang paling bergengsi. Penari yang bisa lomba disini emang yang udah jaminan bagus-bagus. Dan kenapa gue bangganya setengah mati padahal gue ga menang? Karena ya, pertama: latihannya ga main-main, yaitu gue tiap hari harus ke bulungan buat latian dari pulang sekolah sampe malem. Kedua: lawan-lawan yang harus gue hadapi menurut gue pada bikin mulut nganga dan ngeces saking bagusnya. Everyone who looks at them will not close their mouths. it is delightful to see. Ketiga: gue adalah finalis termuda yang masuk 10 besar, dimana lawan-lawan gue udah SMP dan SMA, dan gue umur 9 tahun. Kelas 4 SD. Yang tadinya gue ga punya asma sama-sekali, selesai turnamen itu gue bawa pulang ke Jakarta penyakit itu lantaran badan gue terforsir parah. Nyesel? Engga. Gue bangga. Nah, karena tau bakat gue di tari menari, gue kembangin sendiri kemampuan gue di tari-tari modern dan gue bercita-cita masuk IKJ dan bisa ikutan di pentas dunia buat nari, dan bawa nama Indonesia ke mancanegara. Tapi sekali lagi. Gue dengan bodohnya kena doktrin. Gue mau masuk IKJ, gue diketawain. Sakit juga loh perasaan gue waktu itu meskipun gue cukup dibilang masih kecil. Tapi okelah, hobi tetep bisa dijalanin.

Setelah gue beranjak dewasa, gue makin berubah orientasi, dimana yang tadinya hidup gue dikelilingi kesenian, jadi ke ilmu alam. Gue menjadikan bokap dan kakak gue sebagai tolak ukur gue sendiri. Akhirnya gue mencari ‘mimpi baru’ yang menurut orang-orang terdekat gue itu baik. Gue pengen jadi arsitek. Kemampuan gambar sih ga oke-oke amat, tapi suka. Terus karena khawatir gue bakal keteteran, gue jadikan cita-cita itu sebagai cadangan. Ya meskipun arsitek seharusnya ga jadi cadangan sih. Setelah gue baca-baca buku tentang perkuliahan, gue tertarik sama jurusan teknik lingkungan. Pas gue baca “GREENPEACE” jadi salah satu prospeknya, gue memutuskan untuk kuliah disitu dan cita-cita gue yang baru  adalah ikut greenpeace dan jadi kontraktor :|. Seiring berjalannya waktu, gue makin mantap sama cita-cita jadi kontraktor. Kerjaannya di proyek, ga didalem ruangan, kemana-mana. Iya, gue anaknya ga bisa diem. Makanya gue lebih enjoy kerja diluaran dan kulit gue makin kayak jeniffer lopez (boleh, kalo mau muntah, boleh) timbang gue harus duduk manis diruangan, jarang kemana-mana, disitu-situ aja, tiap hari harus make up. Lagi-lagi, greenpeace: gagal.

Sekarang gue ga minat untuk jadi kontraktor. Asal bisa kerja di tempat yang bukan head office, gue seneng. Salah satu target gue adalah perusahaan property, holcim, atau PPLI. Tiga-tiganya kandas… ………………………………………….. *nangis jejeritan dibawah bantal* *engga ding*.

Bisa dibilang mimpi-mimpi gue HAMPIR GA ADA YANG TERWUJUD. *nyilet-nyilet alis*. Tapi kemudian gue teringat sama cita-ccita gue waktu kecil. Gue mau kuliah di eropa!!!!!!!!! *bakar menyan* Akhinya gue memutuskan untuk kembali mengejar mimpi gue itu dan kebetulan papa sangat-sangat setuju. Gue gak mau ke eropa dengan judul utama trip. Gue mau trip itu adalah rutinitas sampingan gue ketika gue menimba ilmu disana. Itu mimpi gue. Mimpi gue yang tak lekang oleh waktu~~~ *dungtakjesss*

Setelah kuliah dari Eropa, tentunya gue harus punya mimpi berikutnya kan? Mimpi gue berikutnya sih conditional ya. Karena gue mau menikah di usia gue 26 taun (ASTAGA INI DUA TAUN LAGI DONG, BERASA TUA YAAA) . setelah menikah, gue mau bekerja di tempat yang kemungkinannya akan meminta gue untuk keluar negri lagi (dan bawa anak, aamiin). Sejauh ini sih yang kayak gitu GIZ…… Dan Alhamdulillah banget gue dapet kesempatan buat magang disitu selama 6 bulan (dengan harapan setelah s2 gue ditarik-tarik lagi sama mereka) *dzikir*… Sembari itu, gue tetap melakukan hobi gue, yaitu nulis dan nari, dan gambar. Seni ga akan pernah mati, dan kesenian akan membawa jiwa tetap muda sekalipun kulitmu mengeriput.


Itu deh mimpi gue dari jaman gue bau kencur sampe sekarang bau melati.

2 komentar:

  1. kisah hidupmu menarik sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hidup emang harus menarik sepertinya. hehehe. Makasih udah sempetin waktu untuk baca ya

      Hapus