Sabtu, 12 April 2014

Matrealistis


Paragraf pertama ini gue buat paling terakhir, karena gue bingung ngasih judul ini apa. Tadinya mau ngasih judul 'Ibukota', tapi jangan deh. Akhirnya jatuh ke judul yang sekarang dipake. Semua yang ada di tulisan ini cuma pendapat. Ya nyadarin kita juga kalo pas kita lagi 'lupa diri', banyak banget yang terlupakan di daerah lain. No offense.

Sumber foto: entah darimana sumber resminya, tapi saya ambil dari twitternya 

Lagi-lagi mata tertuju pada suatu titik teratas nyaris dipojok kiri pulau Jawa. Suatu titik yang jika dilihat dari satelit malam hari menjadi yang paling terang diantara tempat-tempat lain di Indonesia. Suatu lokasi dimana semua berita setiap harinya memberi informasi tentangnya. Ya, tak lain tak bukan, ibukota Indonesia, tanah kelahiran saya, Jakarta.

Hari ini gue mau nulis tentang pengalaman gue dan temen gue, namanya Ijunk. Yaudah, anggep aja namanya itu. Sebelumnya gue akan ceritain latar belakang oknum dulu ya.

Dia itu lahir dan besar di Jawa Timur, dan bukan dari kota besar. Baru ketika kuliah do’i urbanisasi ke Surabaya, sama kayak gue. Cuma bedanya kalo gue ke Surabaya yaaa..... ya Jakarta sama Suarabaya ga ada bedanya. Sekarang do’i berjodoh dengan pekerjaan di Jakarta. Kasian. Itu aja yang bisa gue bilang. Meskipun gajinya gede, tapi tetep aja. Kasian. Doi di Jakarta hampir ga pernah main. Semuanya urusan kerja. Kasian. Lagi-lagi, kasian.

Nah, beberapa waktu lalu  pas gue pulang gue sempetin ketemu dia ngajak main (aslinya sih ngerampok, yaudasik biarin). Gue sama dia jalan-jalan  ke Pondok Indah Mall (PIM) dan yang pertama kali kami dan dia lakukan adalah makaaaaan. Ga ribet-ribet, kami milih pizza hut. PILIHAN YANG TEPAT SEKALI ^^. Njut.

Setelah makan, gue dan dia nyari boneka Brown, ituloh, boneka icon nya Line. Yang mukanya flat. Yang mau diapain juga ekspresinya tetep aja gitu. Nah sembari gue jalan sama dia, gue nanya kehidupan dia gimana selama di Jakarta. Dia bilang dia ga kemana-kmana. ‘Lagian di Jakarta mau kemana?’ Gitu katanya. #yabenerjugasih

Kemudian ternyata barang yang gue dan dia cari ga ada. Tapi kami belom mau pulang, akhirnya dia bilang ‘Pilih deh satu tempat buat minum yang enak, YANG MINUMANNYA ENAK, kita ke situ.’ Disinilah obrolan berat dimulai. Gue milih tempat-tempat yang lucu, (((YANG LUCU))).

Definisi lucu: interiornya cemmacem, atributnya beda, yapokoknyagitudehlupastipaham.

Dia gamau. Menurut dia, dateng ke cafe yang lucu, yang unik, cuma buat duduk terus mandang sekeliling itu gak masuk akal. Iya kalo makanannya worth to try, enak banget ga sekedar enak, gapapa. ATAU, versi unik menurut dia: blind resto, atau makanannya dibuat semenjijikkan mungkin jadi pas kita mau coba kita tertantang. Bukan cuma duduk di cafe yang temanya eropa, atau bendera-benderaan, atau banyak kacanya, yang bagus buat difoto, kata dia: ngapain? Buat meng-impress oranglain? Gak make sense kalo kata dia.

Dia mengatakan orang kota ini terlalu matrealistis, disuguhi yang gemerlap sedikit langsung bawaannya pengen nyoba, merasa ga hebat kalo ga nyoba, dan sebagainya. Gue mencoba melihat dari sudut pandang berbeda dengan menjawab dia, ‘ya karena pengen ganti suasana junk. bosen gitu-gitu aja.’ Dia bilang, ‘kalo tujuannya mau melihat sesuatau, ke taman lek, ke alun-alun, bukan cafe-cafe kayak gitu.’ Gue jawab, ‘Kan Jakarta sedikit punya kayak gitu.’ Dan ini sanggahannya, ‘Nah itu kan. Kasian kalian yang tinggal di Jakarta atau Surabaya. Lagipula, toko-toko kayak gitu lahir karena banyaknya orang matrealistis. Kalo mereka ga laku dan konsumen ga pengen kesana, pasti ya ga akan buka.’

Gue diem. Kalah. Ya bener sih yang diomongin dia.

Lanjut.

Gue dan dia kembali jalan nyari sesuatu. Dia ngeliat banyaknya anak-anak muda segala usia dengan segala model baju. Dari yang sederhana banget, sampe yang baju gaya kondangan ada semua. Sederhana kayak kaos, jeans, sendal, ada. Yang ginipun: kaos udel kebuka, hot pants, kets – black dress macem kondangan, jilbab dililit, heels, adak – semua ada. Semua. Literally.

Dia geleng. ‘Gila.’ Katanya. ‘jadi gini Jakarta? Seneng mempertontonkan diri dan menonton oranglain? Baru ngerti aku.’

Gue ya ga bisa ngebantah. Emang kenyataannya gitu kan. Cuma gue ngebantah kalo gue begitu juga. Gue tau tempat lah. Pake hot pants, kaos udel kemana-mana? Buat apa? Iya gue ga segitunya pengen banget mamerin perut rata gue B). Pake dress? Black dress? Heels? Ya gue begitu ke kondangan B). Ke cafe lucu-lucu? Ya emang sering sih kebawa gaya hidup orang lain, tapi baiklah. Akan gue rem kalo keinginan itu muncul kecuali emang ditraktir, atau emang makanannya yang unik, bukan tempatnya.

Jadi, lo mau anggep dia yang bener, atau mau anggep emang si Ijunk aja yang kelewat katro, itu terserah lo. :D

Yuk dadah bye!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar