Kamis, 14 Juni 2012

Ngeluh Boleh Asal Tanpa 'H'

Kepikiran buat coret-coret lagi. Naah, berhubung suasana hati gw hari ini sedikit mumet, kesel, pengen garuk-garuk keju, dan itu karena sesuatu yang disebut skripsi atau TA, jadi gw akan menulis tentang dia. (Baca: TA).


Pernah ga sih ngerasa bawaannya mau ngeluh, ngeluh, ngeluuuh aja ngadepin cobaan(TA)? Iyah, gw juga kok :| Kalo gw yah, pas lagi begitu tuh rasanya kayak ni pundak disuruh nggotong batu bata setumpuk, belum juga sempet ditaro, eh ditambahin lagi disuruh bawa air 20 L. (Iyee, gw lebay). Etapi emang gitu rasanyaaa~


Menurut gw sih, itu wajar. Ngerasa capek itu wajar. Ngerasa pengen nyantai, tapi ga bisa, jadi sebel, iya wajar. Tapi masalahnya itu, harus ga sih kita ngeluapin emosi itu kemana-mana? 


Hmm, begini ya. Mari kita lihat dari mata oranglain. Kalo ngeliat oranglain kerjaannya ngeluh mulu, apa kita ga sebel ngeliatnya? Apa ga risih dengernya? Apa dengan ngeluh didepan orang-orang itu keluhan kita bakal bekurang? Engga toh? 


Terus, coba deh liat sekeliling kita. Banyak loh yang beneran harus ngangkut 50 L air dipundak mereka dengan jalan kaki naik turun bukit, anak SD pula. Terus? Terus mereka cuman dibayar dua rebu. iyaaa, dua rebuuu. Anak SD, ga sekolah, GAK BISA sekolah, umur 7 taun, harus bawa 50 L air dari gunung, dan cuman diupah dua ribu saja. Apa dia ngeluh? Enggak.. Iya sih dia ngerasa iri kalo liat temennya bisa jajan eskrim seribuan tapi dia gabisa ikut beli gara-gara ga punya uang. Dia justru nangis kalo liat neneknya susah (do'i cuman tinggal sama neneknya).


Dari situ gw dapet pelajaran berharga. Ngeluh itu manusiawi dan wajar. Tapi bukan untuk konsumsi publik dan seluruh dunia harus tau gw susah. Cukup gw yang tau, dan okelah seorang sahabat lo tau. Cukup udah. Karena, yang gw adepin ini tugas aja, sekali gw gagal, gw cuma harus ngulang kuliah. Gw tetep bisa makan, gw tetep bisa lanjut hidup. Ya tapi jangan sampe sih gw gagal. (Naudzubilla... *ketok meja tiga kali*). Sedangkan 'mereka-mereka' itu kalo gagal sehariii aja, yaudah perut mereka kosong, buat makan besok gatau gimana. Kesusahan kita ga ada apa-apanya ya ternyata.


Selain itu, gw selalu inget kalimat yang dibilangin sama nyokap gw, yaitu:

"JANGAN PERNAH MENGASIHANI DIRI SENDIRI, LAKUKAN SEMUA DENGAN IKHLAS DAN BERI YANG TERBAIK"

dan kata-kata dari bokap, ga persis, tapi kurang lebih begini:

"BUKAN PERLU PINTER, TAPI ORANG YANG PEKERJA KERAS DAN RAJIN ITU YANG DIPERLUKAN. TIDAK ADA YANG TIDAK BISA DILAKUKAN KALAU MAU."



So, ngeluh itu boleh, asal tanpa H, jadi ngelu :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar